--> Skip to main content

8 cara mempercepat komputer atau laptop yang lambat

8 cara mempercepat komputer atau laptop yang lambat
Laptop yang lambat atau yang biasa anda bilang lemot merupakan suatu kendala yang sering dialami oleh komputer atau laptop anda.

Kemarin saya buat artikel mengenai Penyebab koneksi internet bermasalah dan cara mengatasinya dengan aplikasi dan manual. Lalu pada kali ini, saya membagikan 8 cara mempercepat komputer atau laptop yang lambat, jika anda bisa memang membutuhkan cara ini silahkan baca di bawah ini :
  1. Membersihkan semua Icon pada Desktop anda. Semua icon Desktop harus dibersihkan, kecuali yang bersifat tidak dapat dihapus seperti Recycle bin.Anda bisa menghidden-nya.
  2. Membersihkan Recent Document Recent document ialah tempat dimana terdapat shortcut-shorcut yang berisi data masa lampua yang sering anda buka. Cara membersihkannya, pertama anda tampilan file Hidden dengan cara cari Folder option, lalu klik view, selanjutnya anda pilih Show idden files and folder, lalu anda klik apply dan OK.
  3. Jangan meletakkan file-file pada Drive C. Hal itu dapat menjadikan Drive system/C menjadi berat atau penuh Jadi jika anda meletakkan file-file di disk C, sebaiknya anda pindahkan pada drive lain.
  4. Membersihkan sampah registry, uninstall, chace, history, dll menggunakan aplikasi CCleaner. Sebenarnya ada banyak banya aplikasi yang digunakan untuk utilities atau untuk mengoptimalkan komputer anda. Saya menyarankan CCleaner karena bersifat ringan, mempunyai fitur yang lengkap, dan bisa diandalkan.
  5. Menghilangkan/uninstall program-program yang tidak berguna/yang jarang anda gunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk memberkan ruang pada drive C (System). Karena apabila drive C ini penuh, maka bisa menyebabkan laptop anda lambat/lemot.
  6. Sesuaikan windows yang cocok untuk laptop anda. Maksudnya windows yang cocok adalah yang sesuai dengan kemampuan laptop anda. Apabila laptop anda mempunyai spek yang rendah, sebaiknya anda menggunakan windows 7 ataupun windows XP.
  7. Mengoptimalkan startup menggunakan MSCONFIG
    • Untuk membukanya, klik start >> run >> ketik msconfig >> lalu Enter. 
    • Setelah itu anda klik bagian Startup, lalu anda hilangkan centang pada program-program yang menurut anda tidak berguna atau jarang anda gunakan dan saya sarankan, jangan hilangkan centang pada drive C:WINDOWS.
    • Setelah itu anda apply, lalu klik restart.
    • Setelah anda restart, akan ada tampilan yang keluar pada Desktop anda. Lalu anda centang dan klik OK.
  8. Mengoptimalkan Performance windows anda Cara nya,
  • Klik kanan pada icon komputer lalu klik Properties.
  • Cari system properties lalu klik
  • Buka bagian Advance, lalu klik setting.
  • Lalu anda hilangkan centang pada fitur-fitur yang menurut anda tidak berguna. Seperti contoh di bawah ini: 
  •  

Itulah 8 cara untuk mempercepat komputer atau laptop yang lambat, jika ada yang inigin anda tanyakan mengenai artikel diatas silahkan komentar di bawah.

Related Posts

Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar