--> Skip to main content

Penyebab koneksi internet bermasalah dan cara mengatasinya dengan aplikasi dan manual

Penyebab koneksi internet bermasalah dan cara mengatasinya dengan aplikasi dan manual
Permasalahan atau troubleshooting pada jaringan lan atau wifi biasanya dapat mengakibatkan tidak tersambungnya internet atau jaringan pada komputer/laptop. Hal itu bisa disebakan oleh beberapa faktor diantaranya, DNS not responding/problem, Pengaturan IP yang kurang benar, File host yang error, koneksi yang tiba-tiba terputus, ataupun yang lainnya yang dapat mempengaruhi/menggangu koneksi pada jarngan komputer anda. Pada postingan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Penyebab koneksi internet bermasalah dan cara mengatasinya dengan aplikasi dan manual

Aplikasi repair network connection

Aplikasi ini saya dapat secara tidak sengaja pada file Iso Hiren Boot CD yang saya punya . Aplikasi ini mempunyai banyak pilihan yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki koneksi jaringan anda. Dan juga ukuran aplikasi ini pun sangat kecil, karena bersifat portable/tidak perlu diinstall. Oleh karena itu jika anda memang sering mempunyai masalah dengan jaringan anda, silahkan download aja aplikasi ini(gratis).

Download aplikasi

Cara manual perbaiki koneksi jaringan

Dalam memperbaiki koneksi anda, ada beberapa cara yang dapat anda gunakan. Hal ni bisa digunakan bila aplikasi diatas tidak dapat membantu. Dan cara di bawah ini saya pernah mencobanya dan hasilnya ada yang bekerja dan juga ada yang tidak bekerja. Silahkan lakukan cara2 di bawah ini :
  1. Troubleshoot network.
  2. Atau bisa juga mematikan(disable) network adapter yang anda gunakan lalu mengaktifkannya kembali(enable).
  3. Apabila DNS not responding, anda dapat membuka CMD lalu ketikkan ipconfig/flushdns lalu Enter
  4. Cek pada kabel apakah sudah tertancap dengan benar(apabila jaringan LAN), jika kabel LAN sudak rusak silahkan dibuat lagi.
  5. Biasanya jaringan tidak dapat teroneksi apabila tersambung 2 adapter yang aktif. Jadi apabila terkoneksi pada jaringan wifi maka jangan dikoneksikan pada jairngan lan ataupun sebaliknya.
  6. Atur/set kembali IP pada network adapter(LAN), pastikan subnetnya dengan benar dan juga pada network adapter(Wifi), pastikan di-set secara Otomatis.
  7. Restart komputer anda, biasanya hal ini bisa berhasil.
Apabila sudah dilakukan cara diatas dan ternyata masih belum berhasil berarti ada kemungkinan2 lain yang dapat menjadi koneksi internet anda terputus atau bermasalah.:
  1. Server jaringan yang sedang error (Biasanya router jaringan, atau settingan router jaringan yang rusak atau error)
  2. Limited/terbatas (Suatu jaringan pasti mempunyai batas host/pengguna yang tersedia)
  3. Kabel lan bermasalah (Cek dengan cara ping IP router, apabila tidak tersambung maka permasalahannya disitu)
  4. Network adapter anda rusak
  5. Driver network adapter belum ter-install atau belum update.
  6. Ataupun browser anda yang sedang bermasalah(belum update)

Related Posts

Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar