--> Skip to main content

Pengertian, macam macam, dan fungsi masing - masing peripheral

Pengertian, macam macam, dan fungsi masing - masing peripheral
PENGENALAN Atau PENGERTIAN

Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain yang masih berhubungan dengan aktifitas komputer sebagai contoh : Printer, Scanner, Modem, dll.
Dalam memulai penggunaan peripheral tersebut ada hal – hal yang harus dilakukan, seperti peng-installan peripheral tersebut agar dapat terkoneksi atau terhubung dengan komputer. Dalam melakukan penginstallan itu kita harus menyediakan Driver Peripheral yang akan digunakan dan juga disertai pemasangan peripheral secara baik dan benar.

MACAM – MACAM

Peripheral mempunyai banyak macam, tetapi pada penjelasan kali ini saya hanya membahas beberapa saja. Berikut ini macamnya :
  1. Printer
  2. Printer adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik/gambar, biasnaya menggunakan media kertas ataupun yang lainnya.
    • Printer mempunyai 3 jenis :
    1. Printer Dot matrix, ialah printer yang menggunakan semacam pita sebagai alat pencetaknya.
    2. Printer Ink Jet, ialah printer yang menggunakan tinta sebagai alat percetaknya
    3. Printer Laser Jet, ialah printer yang menggunakan serbuk sebagai alat percetaknya

  3. Scanner 
  4. Scanner merupakan suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Yaitu memindai gambar dan text. Tetapi saat ini jenis peripheral yang satu sudah digabungkan dengan printer (Ink Jet) seperti Printer jenis Brother.

  5. Modem
  6. Modem adalah salah satu perangkat komputer yang digunakan sebagai perantara komputer dengan saluran telphone agar dapat terhubung dengan Internet Service Provider (ISP) dan dapat menjalankan internet.
    • Modem terdiri atas dua macam, yaitu modem internal dan modem external.
    1. Modem internal yaitu modem yang pasang di dalam motherboard dalam bentuk kartu. Teknik pemasangannya sama seperti kartu – kartu lain pada umumnya.
    2. Modem external adalah yang dapat dipasang dan dilepas sewaktu – waktu. Karena pemasangan modem hanya tinggal menancapkan konektor yang telah disediakan biasanya yang sering digunakan adalah port USB
*.Baca Juga: MATERI TKJ KELAS 10 SEMESTER 1 DAN 2 BERBASIS KTSP LENGKAP

Related Posts

Advertisement

Baca juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar